Daftar Materi TKJ SMK Terbaru dan Terlengkap

Daftar Materi TKJ SMK Terbaru dan Terlengkap

Teknik Komputer dan Jaringan( TKJ) ialah salah satu program kemampuan Sekolah Menengah Kejuruan(SMK) yang bergerak di bidang Data serta Teknologi. Siswa jurusan TKJ dididik buat sanggup melaksanakan installasi jaringan pc, baik itu jaringan pc dalam rumah/ kantor, antar kantor, antar kota, antar provinsi, apalagi antar negeri.

Dalam suatu industri, jaringan pc ialah perihal yang harus. Tiap pc yang terletak di kantor wajib dapat tersambung dengan pc yang lain. Tidak hanya itu tiap pc pula wajib tersambung ke internet buat mengumpulkan data.

Bila suatu industri mempunyai kantor cabang, hingga antara kantor pusat serta kantor cabang pula wajib silih tersambung, perihal ini disebabkan banyak sekali komunikasi yang butuh dicoba antara kantor pusat serta kantor cabang.

Tidak lumayan cuma tersambung saja, jaringan pc yang dibangun antar kantor wajib mempunyai efiseinsi serta kecepatan yang besar, sehingga pertukaran data yang dicoba antar kantor dapat berjalan dengan baik.

Modul Yang Dipelajari Siswa TKJ


Dari waktu ke waktu, kebutuhan manusia hendak jaringan pc terus bertambah. Tiap orang menuntut buat dapat tersambung dengan orang lain walaupun terhalangi oleh jarak yang ratusan ataupun apalagi ribuan kilo. Tiap orang menuntut buat bisa mendapatkan data dengan kilat serta akurat.

Dengan seluruh tuntutan tentang jaringan pc tersebut, siswa TKJ wajib dibekali dengan materi tkj smk yang cocok dengan kebutuhan di dunia kerja. Sehingga siswa lulusan TKJ mempunyai skill buat penuhi seluruh tuntutan jaringan pc di masa depan.

Modul yang hendak dipelajari oleh siswa jurusan tkj kurikulum 2013 antara lain merupakan bagaikan berikut:

Cisco


Cisco ialah salah satu fitur jaringan( network device) terhandal yang dikala ini tersebar di dunia. Cisco umumnya digunakan buat membangun jaringan skala menengah sampai besar.Nyaris segala industri besar di Indonesia tentu memakai cisco buat membangun jaringannya.

Daftar Materi TKJ SMK Terbaru dan Terlengkap

Dalam rangka mempersiapkan siswa TKJ buat bisa terjun ke dunia kerja, hingga siswa TKJ dibekali dengan modul tentang cisco. Ada pula materi- materi cisco yang hendak dipelajari oleh siswa materi tkj kurikulum 2013 revisi 2017 antara lain merupakan bagaikan berikut:


  1. VLAN & Trunking
  2. Spanning Tree
  3. Etherchannel
  4. Intervlan Routing
  5. VRRP
  6. Portsecurity
  7. Routing Fundamental
  8. EIGRP
  9. OSPF
  10. BGP
  11. IPv6
  12. MPLS


Modul diatas cuma sebagian kecil yang hendak dipelajari di jurusan TKJ. Dengan memahami materi tkj kelas 10 diatas, diharapkan untuk siswa smk TKJ sanggup membuat design( merancang) dan membangun jaringan skala menengan sampai besar semacam contoh berikut. antara lain merupakan bagaikan berikut:

Mikrotik


Tidak hanya cisco, dikala ini pula tersebar fitur jaringan yang sangat populer, ialah Mikrotik. Mikrotik banyak digunakan pada jaringan skala kecil sampai skala menengah. Di Indonesia, mikrotik tumbuh dengan sangat pesat.

Nyaris segala Internet Service Provider( Penyedia layanan internet) lokal memakai mikrotik bagaikan fitur jaringan utama. Tidak hanya itu, mikrotik pula banyak digunakan di perhotelan, perkantoran, jaringan sekolahan, dll.

Sebagian modul tentang yang dipelajari oleh siswa TKJ antara lain merupakan bagaikan berikut:


  1. Bridge
  2. Wireless
  3. Static Routing
  4. Firewall Filter
  5. Firewall Mangle
  6. Firewall NAT
  7. Quality Of Service
  8. Hotspot
  9. VPN
  10. IP Tunnel
  11. OSPF
  12. Load Balance
  13. BGP
  14. MPLS
  15. User Manager


Materi- materi diatas cuma sebagian kecil dari modul mikrotik yang hendak dipelajari oleh siswa TKJ. Dengan memahami materi- materi diatas, diharapkan siswa TKJ bisa mendesain serta membangun jaringan skala menengan semacam contoh berikut

Wireless


Modul yang tidak kalah berarti dari cisco serta mikrotik yang wajib dipelajari oleh siswa jurusan TKJ merupakan wireless. Perihal ini disebabkan banyak jaringan didunia yang dibentuk diatas jaringan wireless, baik wireless indoor( dalam ruangan) ataupun outdoor( luar ruangan).

Wireless indoor biasa digunakan buat menghbungkan client ke jaringan internet, semacam HP, Gadget, Laptop, dll. Dikala ini nyaris tiap bangunan di dunia tentu mempunyai jaringan wireless. Teruji tiap kita berangkat ke sesuatu tempat, tentu terdapat wifi yang ditemukan di HP ataupun gadget kita. Sebaliknya wireless outdoor digunakan buat jaringan yang berjauhan, semacam jaringan antara Jakarta dengan Surabaya, jaringan antara Tangerang dengan Malang, dll.

Buat dikala ini, ada 3 fitur jaringan wireless yang banyak digunakan, ialah cisco wireless, mikrotik wireless, serta ubiquiti. Siswa TKJ diwajibkan sanggup melaksanakan konfigurasi pada ketiga fitur wireless tersebut dengan baik.

Dengan memahami modul wireless, diharapkan siswa TKJ sanggup membangun jaringan wireless indoor ataupun outdoor semacam contoh berikut

Prospek Kerja Siswa TKJ


Buat dikala ini, prospek kerja buat siswa TKJ sangatlah besar, sebab dikala ini dunia internet tumbuh dengan pesat serta internet dibentuk oleh Network Engineer( Siswa TKJ). Sebagian cerminan prospek kerja sisa TKJ antara lain merupakan bagaikan berikut

Network Designer


Tugas dari network disainer merupakan membuat rancangan suatu jaringan, mulai dari rancangan wujud jaringan( topologi jaringan), bayaran yang dikeluarkan, sampai konfigurasi yang sangat efektif buat membangun suatu jaringan pc.

Jaringan yang ditangani antara lain merupakan jaringan perkantoran maupun antar kantor( LAN), jaringan antar kota( MAN), dan jaringan antar negeri( WAN). Network desainer dituntut buat sanggup mendesain jaringan yang efisien, baik dari segi bayaran, efektifitas fitur yang digunakan, efektifitas jaringan yang dibentuk, dll. Berikut salah satu contoh design jaringan pc yang terbuat oleh network designer

Network Engineer


Tugas dari seseorang network engineer merupakan membangun suatu jaringan. Jaringan yang hendak ditangani oleh network engineer antara lain merupakan jaringan dalam suatu kantor, antar kantor, antar kota, ataupun apalagi jaringan antar provinsi ataupun negeri.

Daftar Materi TKJ SMK Terbaru dan Terlengkap

Buat membangun jaringan pc dengan skala menengah sampai besar, seseorang network engineer dituntut buat memahami modul tentang cisco serta mikrotik dengan sangat mendalam. Tidak hanya itu seseorang network engineer wajib mempunyai logika yang besar serta keahlian problem solving( membongkar permasalahan).

Berikut sebagian cerminan pekerjaan dari seseorang network engineer

Network Operating Center


Suatu jaringan pc tidak hendak selamanya berjalan dengan baik. Terdapat kalanya ataupun apalagi kerap, jaringan pc hadapi masalah- masalah yang terduga. Masalah- masalah ini dapat diakibatkan oleh sebagian perihal, semacam human error( kesalahan manusia), musibah alam, kendala dari orang- orang yang tidak bertanggung jawab( cyber crime), dll.

Buat menanggulangi masalah- masalah yang bisa jadi terjalin tersebut, wajib terdapat orang yang melaksanakan monitoring jaringan, sehingga bila sewaktu- waktu jaringan hadapi permasalahan, permasalahan tersebut bisa diatasi dengan sedini bisa jadi.

Pekerjaan buat melaksanakan monitoring serta maintenance( revisi) jaringan merupakan tugas dari engineer yang bekerja dibagian Network Operating Center( NOC). Berikut cerminan pekerjaan engineer yang bekerja dibagian NOC.

Penutup


Demikianlah artikel mengenai materi tkj kelas xii jika artikel ini bermanfaat silahkan dishare melalui media sosial kalian, terima kasih.

Post a Comment

0 Comments